MAHASISWA IDEAL

sumber foto: youblisher.com
sumber foto: youblisher.com

MAHASISWA IDEAL
Oleh : Dwi Prasasti

Pemuda merupakan pemimpin bagi masa depan. Hal tersebut seharusnya dapat menyadarkan bagi kaum pemuda khususnya mahasiswa. Seperti kata bung Karno ‘’ beri saya sepuluh pemuda maka akan saya guncangkan dunia’’. Dengan adanya pernyataan itu bisa saya simpulkan bahwa kekuatan atau peran pemuda begitu dahsyat, begitu kuat sehingga dapat menggocangkan dan mengubah tatanan dunia. Oleh karena itu, pemuda adalah ujung tombak bagi perubahan bangsa. Dan di pundak pemudalah tanggung jawab besar itu bersandar akan masa depan bangsa yang lebih baik. Sehingga pemuda harus memiliki idealisme yang tinggi dan mampu membawa perubahan yang signifikan.

Perihal mahasiswa.

Mahasiswa merupakan salah satu dari pemuda. Bahkan mahasiswa adalah pemuda-pemudi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan bangsa untuk membawa perubahan yang menjanjikan kearah yang lebih baik. Sehingga dalam hal ini, mahasiswa tak hanya mengejar akademik atau IPK semata dan mendapatkan ijazah. Tapi, juga harus memiliki idealisme yang tinggi, peka terhadap lingkungan sekitar, dapat memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat. Sehingga dalam hal ini mahasiswa harus bisa menggabungkan antara perihal akademik, organisasi, pekerjaan, maupun pribadi lainnya. Jika mahasiswa dapat menggabungkan hal tersebut dan membagi waktu antara yang penting dan tidak penting maka, mahasiswa dapat menjadi pemimpin yang baik dan dapat bermanfaaat bagi orang lain.

Untuk menjadi mahasiswa ideal itu tidak mudah. Banyak cobaan yang menghadang sehingga butuh kegigihan, ketekunan, keseriusan, dan cita-cita yang tinggi. Coba kita lihat mahasiswa zaman now saat ini. Mereka hanya ingin dilihat sebagai mahasiwa yang elit, bisa segalanya. Dan selalau eksis di sosial media, Agar bisa dilihat khalayak banyak.

Kalau semua mahasiswa begitu, bagaimana dengan nasib bangsa kita.? Apakah mereka tidak sadar kalau membawa tanggung jawab yang besar.? Inilah yang dikhawatirkan oleh bangsa kita saat ini. Bung Karno mengatakan ‘’Perjuanganku lebih mudah melawan penjajah. Perjuanganmu lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.’’ Itulah yang terjadi di bangsa kita saat ini.

Sifat Mahasiswa Ideal

Dan untuk menjadi mahasiswa yang ideal sifat atau perilaku tersebut harus segera dihapuskan. Karena tidak sesuai dengan mahasiswa yang ideal, dimana mahasiswa harus berpikir positif untuk mencapai cita-cita dan tujuan kita sebagai penerus bangsa.

Berikut ini adalah ciri-ciri mahasiswa ideal antara lain yaitu:

1.Taat beribadah.
Kita sebagai mahasiswa muslim yang ideal hendaknya taat pada agama yang dianut, seperti melaksanakan shalat 5waktu dengan tepat, rajin membaca kitab suci Al-Quran, melaksanakan shalat sunnah seperti dhuha dan tahajjud, dan pandai dalam bersyukur.

2.Rajin dan disiplin.
Sebagai mahasiswa ideal juga harus selalu aktif dalam mengikuti perkuliahan. Tidak pernah telat kuliah apalagi bolos kuliah. Mengumpulkan tugas tepat waktu, dan segala kegiatan yang menyangkut tentang perkuliahan selalu dikerjakan dengan baik untuk mencapai target nilai yang baik. Bisa membagi waktu. Sebagai mahasiswa, kita harus bisa membagi waktu dengan baik, dan dapat memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang positif dan menguntungkan bagi kita maupun orang lain.

3.Aktif dalam organisasi.
Dengan mengikuti organisasi yang ada di kampus maupun luar kampus kita bisa mendapatkan kegiatan yang positif, sepertimempunyai teman yang banyak, mempunyai kemampuan dalam berdiskusi dan bersosialisasi, dan mempunyai banyak pengalaman yang dapat membantu kita kelak dalam terjun ke masyarakat.

4.Memiliki wawasan yang luas.
Sebagai mahasiswa yang ideal harus memiliki jaringan wawasan yang luas, baik wawasan dalam kampus, luar kampus, bahkan dunia luar. Agar kita tidak ketinggalan informasi yang penting dan tidak kudet.

Penjelasan diatas merupakan hanya sebagian cara untuk menjadi mahasiswa yang ideal. Tentunya masih banyak cara lain lagi. Tapi untuk menjadi mahasiswa yang ideal kita tidak perlu banyak cara, cukup kita dapat menggabungkan atau mengkolaborasikan cara diatas itu sudah lebih dari cukup. Dan itu memang tidak gampang, kita masih butuh keseriusan dan niat dalam melakukan hal tersebut dan tentunya semangat dan motivasi yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *